Pertunjukan Pencak Silat Pagar Ruyung Marga Negara Batin Sambut Hari Raya Idhul Fitri 1443 H.

Tanggamus, – Persatuan Pemuda Pemudi Karang Taruna Pekon Negara Batin menggelar pelaksanaan Pencak Silat Pagar Ruyung Marga Negara Batin dalam rangka merayakan halal bi halal di hari raya Idhul Fitri 1443 H, Sabtu (7/5/22).

Adapun pencak silat tersebut pertama kali di pertunjukan kepada Masyarakat setempat dan di resmikan langsung oleh Suntan Bathin gelar Pemuka Raja Raja Buway Nyekhupa Semaka – Liwa.

Turut hadir, Kepala pekon Tanjungan, bandar kejadian, way liwok, tanjung agung, way gelang, sinar waya, way panas dan beberapa yang tergabung marga Negara Batin.

Dalam hal ini, Pemerintahan Pekon Negarabatin sangat mengapresiasi kegiatan bujang gadis marga negarabatin dalam rangka turut mengenalkan dan melestarikan adat istiadat serta budaya lampung khususnya Lampung Sai Bathin ke depan.

“Kedepannya supaya kegiatan karang taruna dapat diisi dengan berbagai kegiatan adat istiadat lampung,” kata Mirza Yb, Kepala Pekon Negara Batin kepada Media.

Selain itu, Pemerintah pekon mengharapkan adanya koordinasi antara karang taruna dengan pemerintahan pekon agar ke depan pekon dapat mengakomodir kegiatan yang dilaksanakan oleh bujang gadis pekon negarabatin serta dapat dianggarkan dalam APB-Pekon.

Rensi Aidi Ketua Pelaksana Kegiatan tersebut menerangkan bahwa kegiatan yang di gelar merupakan tujuan melestarikan budaya lokal atau tradisi nenek moyang di Lampung.

“Kegiatan seni Pencak Silat ini kita gelar supaya masyarakat terus melihat seni budaya adat Lampung, dan terus di lestarikan,” katanya.

Selanjutnya, dengan digelarnya pada hari raya Idhul Fitri yaitu untuk menyambut hari Kemenangan Islam terdahulu.

“Semoga dengan kita merayakan dengan cara pelestarian seni budaya adat Lampung, kita selalu di berikan keselamatan dan lain sebagainya dari yang maha kuasa,” tukasnya.

(Agus/Mas’ud)