Akibat Insiden Kebakaran Polsek Candipuro, Bupati Lamsel: Intinya kita hari ini satukan persepsi, satukan suara, sepakat dan siap membenahi Kantor Polsek Candipuro

KALIANDA, – Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto menginstruksikan Camat dan 14 Kepala Desa se-Kecamatan Candipuro untuk bergotong royong memperbaiki Kantor Polisi Sektor (Polsek) Candipuro yang dirusak massa.

Hal itu disampaikan Nanang Ermanto saat menggelar rapat dengan Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Candipuro di aula rumah dinas bupati setempat, Kamis (20/5/2021).

“Kita bergotong royong membenahi Polsek. Kalau kita bebankan kepada Desa Beringin Kencana saja tidak ada kebersamaan. Nanti Pak Camat sebagai koordinatornya,” ujar Nanang saat memberikan arahan didampingi Sekretaris Daerah Thamrin.

Hadir juga dalam pertemuan itu, Kapolres Lampung Selatan AKBP Zaky Alkazar Nasution beserta sejumlah pejabat utama dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Lebih lanjut Nanang menyampaikan, pertemuan dengan Camat dan Kepala Desa se-Kecamatan Candipuro juga untuk menindaklanjuti kunjungan Kapolda Lampung, Irjen Pol Hendro Sugiatno ke Polsek Candipuro pada Rabu (19/5) kemarin.

“Intinya kita hari ini satukan persepsi, satukan suara, sepakat dan siap membenahi Kantor Polsek Candipuro. Dan alhamdulillah, hari ini saya dapat laporan, masyarakat sudah bergotong royong bersih-bersih disana (Polsek),” kata Nanang.

Disamping itu, dalam kesempatan tersebut, Nanang juga meminta kepada seluruh desa, khususnya desa di Kecamatan Candipuro agar membentuk Satuan Tugas (Satgas) Keamanan Desa untuk membantu tugas aparat Polri-TNI di desa masing-masing.

“Nanti segera dibentuk tim keamanan, kita fasilitasi HT (Handy Talky). Leadernya Pak Kades, buat posko pengamanan penyekatan untuk mencegah tindak kriminal. Karena tugas keamanan ini bukan hanya tugasnya Polri-TNI saja, ini tugas kita semua,” tukasnya.

Nanang Ermanto juga meminta kepada Kepala Desa agar dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk tidak mudah terporovokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga melakukan pengrusakan.

“Tugas kita sebagai pemimpin ini melakukan pembinaan. Pak Kades juga harus aktif tahu infromasi. Jika ada yang miring-mring segera laporkan, koordinasi dengan Camat, jangan ambil tindakan sendiri. Jangan Pak Kades malah memprovokasi,” tandasnya.

Sementara, Camat dan 14 Kepala Desa atau Sekretaris Desa yang hadir dalam pertemuan itu sepakat dan menyanggupi untuk memperbaiki Kantor Polsek Candipuro.

Diketahui, Kantor Polsek Candipuro yang berada di Desa Beringin Kecamatan Candipuro  Kencana dirusak massa pada Selasa (18/5) sekitar pukul 23.00 WIB.

Sebelumnya, warga setempat berunjuk rasa di depan Kantor Polsek Candipuro lantaran sering terjadi pembegalan di wilayah tersebut.(Red)