Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kominfo dan Pemprov Lampung Gelar Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional

BANDARLAMPUNG — Dalam rangka membangun pemahaman, kepercayaan, dan partisipasi publik untuk bersama-sama mewujudkan “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit”, Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) dan Kementrian Kominfo bersama Pemerintah Provinsi Lampung mengelar Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional Uri Uri Budoyo yang disiarkan secara live dari Hotel Batiqa, Bandar Lampung, Jumat (20/11) malam.

Kegiatan diisi dengan penampilan kesenian tradisional berupa Budoyo Wewayangan Lampung dari Sanggar Seni Singo Manggolo dan penampilan serta bincang-bincang bersama Ikhlas Band yang menampilkan hits single terbaru “Assalamualaikum Cinta”.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Lampung Achmad Chrisna Putra saat membuka kegiatan tersebut menyatakan bahwa Pandemi Covid-19 telah terjadi diseluruh Dunia termasuk Indonesia, untuk mengatasi hal tersebut berbagai macam upaya telah dilakukan oleh Pemerintah, baik upaya pemulihan kesehatan maupun pemulihan perekonomian.

Adapun upaya-upaya tersebut menurut Achmad Chrisna Putra diantaranya adalah dengan pemberian Bantuan Sosial, dan melakukan edukasi protokol kesehatan terhadap masyarakat.

“Berbagai upaya telah kita lakukan, mulai dari bantuan sosial hingga edukasi kesehatan melalui jargon 3M yakni Menggunakan Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak. Mudah-mudahan masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Selain itu, menurut Achmad Chrisna Putra, dalam upaya pemulihan perekonomian nasinonal, khususnya di Provinsi Lampung, Pemprov Lampung terus mendorong pemberdayaan UMKM, dimana UMKM sejatinya adalah sebagai tulang punggung dalam membangkitkan perekonomian masyarakat.

Mengakhiri sambutannya Achmad Chrisna Putra berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan dan siap untuk di vaksin ketika vaksin siap, dirinya juga berpesan untuk segera melapor jika ada gejala kesehatan kepada pelayanan kesehatan terdekat.

Sementara itu Ketua KPCPEN Provinsi Lampung Mochamad Alkhusnu Rizki menyatakan bahwa cluster penyebaran covid-19 saat ini ada diperkantoran, oleh karena itu pihaknya telah membentuk 6 tim monitoring perotokol kesehatan yang ada disetiap SKPD yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

“Kami telah membentuk 6 tim monitoring protokol kesehatan di setiap SKPD, Adapun laporan dari ke-6 tim tersebut nantinya akan menjadi bahan kajian Pimpinan Daerah untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam penanganan covid-19 di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya agar masyarakat tetap produktif dalam masa pandemi melalui pertunjukan virtual kesenian daerah tersebut, rencanannya juga akan digelar di Kota Metro dan Pringsewu. (Red)