Siswa SMAN 6 Bandar Lampung Gelar Pemilihan Ketua OSIS Pakai Sistem Pemilu

Bandar Lampung (LampungNetwork.com) - Sejak dini sebaiknya para siswa SMA  diajarkan cara berdemokrasi. Terutama di lingkungan sekolah mereka. 

Hal ini terlihat juga di SMAN 6 Bandarlampung. Siswa sekolah tersebut melaksanakan pemilihan ketua OSIS (Pilketos) untuk preode 2016-2017, Senin (19/9/2016).

Menariknya, pelaksanaan pemilihan ketua Osis atau Pilketos di sekolah ini menggunakan aplikasi atau sistem pemilu pada umumnya.

Menurut Wakil Kepala sekolah bidang Humas SMAN 6 Azis Mangkunegara, aplikasi pemilu ini telah dipakai oleh siswa SMAN sejak tahun 2015 lalu. “Ya sudah sejak tahun lalu untuk pemilihan ketua OSIS memakai atau menggunakan model Pemilu,”jelasnya. Karena menggunakan sistem Pemilu kata Azis, maka semua perangkat Pilketos SMAN 6 mengadopsi perangkat yang dipakai saat pemilu. “ Pilketos SMAN 6 mengadopsi semua system dan perangkat yang dipakai saat pemilu, seperti adanya kampanye kandidat, debat calon, hingga masa tenang,”jelasnya. Pilketos juga, lanjuutnya memakai istilah KPU dan Bawaslu. ‘Jadi semua kita adopsi. Dengan tujuan siswa benar-benar dapat memahami dan menjalankan Demokrasi melalui pilketos ini,”pungkasnya.

Ditempat terpisah, usai memberikan suaranya, Kepala SMAN 6 Balam, Mansurdin, S.Pd. M.Pd, mengatakan Pilketos merupakan pembelajarn yang nyata tentang demokrasi kepada siswa. “Kami ingin melalui pilketos ini siswa bisa memahami cara berdemokrasi yang sehat,”jelasnya.

Dengan begitu lanjutnya, siswa siap menang dan siap kalah. “Kami berharap pilketos ini menjadi pembelajaran siswa tentang pemilu dan demokrasi pada umumnya. Sehinga siswa bisa memahami sejak dini tentang tata cara  pelaksanaan pemilu,”pungkasnya.

Sementara itu, pilketos sendiri yang didakan di halaman sekolah tersebut berjalan lancar. Walaupun terpapar panas matahari siswa tetap antusias mengkuti rangkaian pilketos hingga tuntas. Pilketos SMAN 6 Balam tahun ini dikuti 3 peserta, Masing –masing no satu (1) Fadiolh Aji dan Yunanda. Nomor dua (2) Ali nur Effendi dan Melania. Nomor tiga (3) M.Fadli Indra dan Kartika Sari. Hingga saat pencoblosan pemilihan ketua OSIS SMAN 6 Balam tetap berjalan sukses dan kondusif.


Sumber : LampungNetwork.com/Helmy