Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Nasional 2017 Diadakan di Lampung

Bandar Lampung(LampungNetwork.com) -- Ketua TP PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo menyambut baik dan sangat mendukung akan diadakannya Peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Nasional 2017 di Lampung. Hal tersebut diungkapkannya saat menyambut Tim Verifikasi Lapangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tingkat Nasional di Kantor PKK Provinsi Lampung, Senin (10/04/2017).

"Kami bersyukur masih diberi kesempatan untuk menunjukkan keberhasilan pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kes di tingkat nasional dalam rangka upaya meningkatkan derajat kesehatan dan mensejahterakan masyarakat." Sambut Yustin Ficardo.

"Dari 4 kabupaten dan 2 kota yang diajukan untuk mengikuti lomba di tingkat nasional, ternyata berhasil masuk 3 kabupaten dan 2 kota. Dan mulai hari ini kita menerima tim verifikasi tingkat nasional sampai tanggal 12 April. Insya Allah tim verifikasi akan melihat masing-masing keunggulan di tiap lokasi yang didatangi." Yustin Ficardo menjelaskan.

Sumber : LampungNetwork.com/Rudhy.HR

Pendidikan Di Desa Pagar Jaya Sangat Memprihatinkan

Pesawaran (LampungNetwork.com) -- Satuan Kelompok Pemuda yang menamakan Pandhega Dira yang bergerak dalam bidang sosial terutama Pendidikan mengadakan kunjungan ke Desa Pagar Jaya (labuhan Jaya, Pagar Jaya Induk) kecamatan punduh pedada kabupaten pesawaran lampungMinggu (2/4/2017).

Pendhega dira merupakan kegiatan organisasi kepemudaan yang bergerak dalam bidang sosial khususnya di bidang pendidikan. Dikarnakan rasa keprihatinan akan kondisi pendidikan yang ada di indonesia, terutama di desa-desa terpencil yang sulit terjangkau. Seperti yang dilakukan kelompok Pendhega dira yang melakukan kunjungan kerja sosialnya didesa Pagar Jaya yang mereka dapat informasi bahwa desa ini sangat memperhatinkan didalam Pendidikan, dengan berbekal informasi ini mereka mengadakan rapat untuk melakukan apa-apa yang akan dilaksanakan di desa tersebut.

Akhirnya Kelompok Pendhega Dira mengambil sikap untuk melaksanakan tugas sosialnya ke desa Pagar Jaya dengan membawa buku cetak bekas, buku bergambar peralatan untuk perbaikan kelas, cat dan kebutuhan lain., Menurut informasi yang dapatkan bahwasannya di desa tersebut pendidikan yang ada disana itu sangat tidak layak, bayangkan saja " Bang " untuk tingkat PAUD sendiri bangunannya masih menumpang di rumah salah satu warga, untuk SD nya hanya ada 3 lokal dan 1 lokal terpisah, dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam menuyusuri pinggir pantai , jika air laut pasang anak-anak disana ada yang tidak bersekolah bahkan anak-anak disana rela menerobos air pasang tersebut yang kurang lebih sekitar 1 meter tingginya, untuk SMP nya muridnya tidak lebih dari 20 orang dan itupun SMP terbuka yang bangunannya masih menumpang dengan SD,  kalau untuk SMA nya mereka harus keluar dari desa dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan roda 2, dengan infrastruktur jalan yang sangat menyedihkan, dengan kondisi jalan berlubang lumpur dan batu terjal yang sangat susah dilewati kendaraan baik motor maupun mobil."Papar salah seorang Anggota Pendhega Dira Rio Naldhy kepada Media Online LampungNetwork.com "

Didesa Pagar Jaya Kelompok pemuda yang memberi nama Pendhega Dira ini bergerak  membangun perpustakaan mini di SD 9 Punduh pedada, nonton bareng bersama masyarakat, senam di pagi hari, sosialisasi tentang pendidikan kepada orang tua, games dan edukasi kepada anak-anak, kelompok ini memberikan masukan dan arahan kepada anak dan orang tua, agar cita-cita anak dapat tercapai yang mungkin mempunyai cita-cita menjadi guru, polisi, dokter, TNI, Arsitek dan lain sebagainya, kendati sarana pendidikan dan guru pengajar yang minim didesa ini semangat untuk belajar harus besar, karena pendidikan itu sangat penting sekali, apalagi desa ini betul-betul kurang mendapat informasi, mereka banyak belum mengenal apa itu komputer, notebook, laptop sungguh memperhatinkan, bagaimana mreka akan mengoperasikan mengenal saja tidak, ini sangat ironis sekali., semoga Desa ini menjadi pehatian Pemerintah Kabupaten, Provinsi Maupun Pusat." Terang Putra salah seorang anggota Pendhega Dira

Sutrisno sebagai pengelola Paud yang ada di desa setempat dan juga sebagai guru pengajar di SD ini, berharap banyak kepada pemerintah untuk dapat diberikan bantuan agar PAUD yang dikelolanya memiliki bangunan sendiri dan tidak lagi menumpang di rumah warga, Pemerintah Provinsi Lampung telah menganggarkan biaya pendidikan sebesar 7 milyar, semoga di desa ini akan terlahir Pemimpin yang dapat mengabdi buat desanya dan Negara, sehingga desa ini tidak terisolasi, dan  Desa ini akan maju tidak tertinggal oleh desa-desa yang lain " Harap Sutrisno dengan haru " 

 

Sumber : LampungNetwork.com/Rudhy.HR

Disdik Kota Bandar Lampung Berikan Pembinaan Dan Kedisiplinan Kerja

Bandar Lampung (Lampungnetwork.com) -- Melalui Kepala Bidang Menengah Pendidikan Kota Bandar Lampung Eka Afriana S.Pd,Msi, bersilaturahmi dengan para Kepala Sekolah dan Dewan guru guna memberikan pembinaan serta motivasi kedisiplinan kinerja kepada kepala sekolah dan para guru serta penjaga sekolah se Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung, Selasa (21/2/2017) bertempat di SDN 1 Karang Maritim Panjang.

Hadir pada acara tersebut Kepala Unit Pelaksana Tehnis (UPT) Pendidikan Kecamatan Panjang Ibnu Mansyur, kepala sekolah dan dewan guru.

Dalam sambutannya, Eka menjelaskan, " bahwa kedisiplinan kinerja merupakan suatu kedisiplinan yang harus diterapkan oleh kepala sekolah dan guru, untuk itu bila kepala sekolah disiplin maka guru dan siswanya pasti mencontoh pimpinannya ," ujarnya.

" Oleh karena itu Kepala sekolah harus mengajar, dan kinerja kepala sekolah tidak akan berhasil jika tidak Didukung oleh para guru. Kepala sekolah harus mempunyai jiwa pemimpin, mengayomi,dan menjadi panutan, " ujar Eka dengan semangat.

" Untuk kegiatan kedisiplinan serta pembinaan seperti ini saya akan terus tingkatkan dengan turun langsung ke setiap sekolah yang ada di Kota Bandar Lampung." pungkas Eka...

 

Sumber : LampungNetwork.co/Helmy

Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 10 Bandar Lampung Tanamkan Budi Pekerti Pada Siswa

Bandarlampung (LampungNetwork.com) -- Banyaknya kenakalan yang dilakukan oleh para anak-anak dibawah umur membuat para sekolah terus menanamkan karakter yang baik disekolahnya agar tidak terjadi hal-hal yang buruk ataupun negatif kepada para anak didiknya. Salah satunya yang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 10 Bandarlampung yang menanamkan pendidikan karakter kepada para anak didiknya.

Menurut Kepala MIN 10 Bandarlampung, Suntari S.Ag mengatakan, para siswa yang ada di MIN 10 Bandarlampung ini diberikan pendidikan karakter dan ditanamkan akhlak yang baik agar tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan baik siswa maupun pihak sekolah

"Ya, kita berikan pendidikan agama yang paling utama, karena pendidikan agama sebagai tiang yang sangat baik untuk membentuk karakter ataupun akhlak dari para siswa-siswi yang ada di MIN 10 Bandarlampung ini," ungkapnya kepada LampungNetwork.com di ruang kerjanya, Selasa (21/2/2017).

Adapun, untuk di MIN 10 Bandarlampung ini memiliki 614 siswa-siswi yang mengikuti kegiatan belajar mengajar disekolah dimana sebanyak 220 rombongan belajar (Rombel). Suntari Menambahkan, dalam mendidik dan mengawasi para siswa diperlukan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan stake holder yang terkait seperti, orangtua, dan komite sekolah

"Kita terus berkoordinasi dengan komite sebagai wadah perpanjangan tangan kepada orangtua siswa didalam melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya," jelasnya.

Lanjutnya, untuk antisipasi yang dilakukan pihak sekolah terhadap para siswa terkait maraknya kenakalan yang terjadi saat ini pihak sekolah terus menanamkan akhlak yang baik melalui pembelajaran agama yang diberikan pihak sekolah maupun kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pembentukan karakter siswa.

"Tonggak utama dari agama yang kita perdalam kepada para siswa agar akhlak para siswa semakin baik. Dan kita berikan kegiatan positif seperti kegiatan pramuka dan lainnya agar para siswa tidak berbuat hal-hal yang negatif," terangnya.

Dirinya berharap, kejadian semacam itu kita jadikan gambaran dan tidak terjadi disekolah MIN 10 Bandarlampung ini.

"Kita tingkatkan sikap akhlak yang baik, ibadah yang bagus dan hafal jus 30 itu yang kita berikan kepada para siswa-siswi yang ada di MIN 10 Bandarlampung ini," tutupnya.

Sumber : LampungNetwork.com/Harry

 

 

Sebanyak 150 Siswa SMPN I Anak Ratu Aji Mengunjungi Makorem 043/Gatam

Bandar Lampung (Lampungnetwork.com) -- Sebanyak  150 orang Siswa  SMPN I Anak ratu aji   Lampung Tengah mengunjungi Makorem 043/Gatam, dalam rangka Study Wisata dan pelatihan budi pekerti yang dipimpin serta di bina oleh Pasi Bhakti TNI, Mayor Inf Seco Wiguno selama satu hari Rabu 22/02/2017 .

Pelatihan Budi pekerti dilaksanakan dalam rangka pembinaan kepada siswa siswi  atau pelajar faham akan etika dan tingkah laku terhadap yang lebih tua, sopan santun, hormat kepada yang lebih tua dan menghargai orang lain serta mempunyai jiwa tenggang rasa dengan harapan nantinya para siswa mempunyai jiwa yang taat akan perintah guru sebagai pembimbing di sekolah dan juga taat kepada orang tua sebagai orang paling dekat dalam pembinaan disiplin mental dan tingkah laku sehari-hari.

Selain  budi pekerti para siswa juga diberikan pelajaran pembinaan mental karakter dengan harapan para pelajar mempunyai jiwa semangat, gairah  dan mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar maupun  menimba ilmu dan dapat menerapkan serta melaksanakan apa yang di dapat di sekolah karena mereka inilah harapan masa depan bangsa yang kita cintai ini.

Siswa juga melaksanakan kegiatan  pelajaran PBB (Peraturan Baris Berbaris) di tempat antara lain tata cara penghormatan, hadap kanan ,hadap kiri dan balik kanan, jalan di tempat serta peraturan berbaris berjalan antara lain langkah tegap juga penghormatan sambil berjalan kegiatan ini berguna untuk membentuk keseragaman, kerapihan dan juga butuh kecepatan sehingga dalam pelaksanaan baris berbaris bisa dilihat kekompakan antara siswa yang satu dengan yang lainnya. menurut Ridwan Gultom, S.Pd Salah seorang guru pendamping siswa dari SMP Negeri I Ratu Aji mengatakan kegiatan Study Wisata dan  pelatihan budi pekerti dan pembinaan mental karakter dilaksanakan di Makorem 043/Gatam  untuk mendidik muridnya,  karena semangat dan motivasi siswa untuk belajar sudah berkurang selain itu  sikap antara murid dan para gurunya sudah menurun. Dalam kegiatan tersebut, para dewan guru pendamping  SMPN I Anak ratu aji ikut serta mendamping.

 

Sumber : Lampungnetwork.com/Rudhy

Subcategories