Budaya Indonesia Warnai Penutupan Asian Games

 

 

 

Incheon - Indonesia menerima bendera Asian Games dari Komite Olimpiade Asia (OCA) sebagai simbol tuan rumah Asian Games 2018, sebelum ditampilkan tarian budaya Indonesia.

Upacara penutupan Asian Games Incheon, Sabtu (4/10), dimulai perhitungan mundur penutupan Asian Games Incheon, di bagian ini diawali dengan nyanyian lagu "Rainbow" yang dibawakan paduan suara anak-anak.

Kemudian dilanjutkan dengan tari kolosal dari National Dance Company of Korea dan National Gugak Center Dance yang menggambarkan tentang perjalanan para atlet di Asian Games 2014.

Setelah tarian kolosal dilakukan penghitungan mundur yang dimulai penampilan film singkat tentang para atlet yang berhasil menjadi juara selam 16 hari pelaksanaan Asian Games.

Pada bagian kedua acara penutupan dimulai dengan masuknya bendera Korsel sebagai tuan rumah penyelenggara, kemudian diikuti dengan defile atlet dari seluruh negara peserta di area upacara.

Pada selingan acara dipentaskan penampilan grup K-pop yang membawakan beberapa lagu.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman penghargaan Samsung Most Valuable Player (MVP), di mana ada delapan kandidat atlet yang menjadi finalisnya. Setelah acara penyerahan atlet favorit tersebut, dilanjutkan acara sambutan Presiden Incheon Asian Games Olympic Comittee (IAGOC) dan penutupan Asian Games oleh Presiden OCA Sheikh Ahmad Al fahad Al Shabah.

Setelah pidato itu acara dilanjutkan penurunan bendera OCA sebagai tanda ditutupnya Asian Games 2014 dan sang Merah-Putih dikibarkan sebagai tanda bahwa Indonesia adalah tuan rumah Asian Games berikutnya 2018, diwarnai diserahkannya bendera OCA dari Presiden IAGOC kepada NOC Indonesia Rita Subowo.

Namun sebelumnya Presiden OCA juga menyerahkan obor kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin, dan bendera Asian Games kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki TJahaja Purnama sebagai tuan rumah Asian Games 2018.

Setelah itu, Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 menampilkan 50 penari yang mementaskan di antaranya Reog Ponorogo, tari-tarian Betawi dan Sumatera Selatan yang diwarnai iringan musik gambang kromong secara elektrik.

Acara penutpan Asian Games 2014 Incheon, Korsel, diakhiri dengan tarian tradisional Korea.

Penulis: /YUD

Sumber:Antara