Dinas Pariwisata Gelar Festival Kreasi Tari 2016

Lampung (LN) -- Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung menggelar Festival Kreasi Tari dan Musik Lampung 2016  dengan tema Pesona Budaya Lampung 2016  dalam rangka menyonsong Festival Krakatau 2016.

Festival kreasi tari dan musik lampung 2016 diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Acara ini digelar di Taman Budaya Lampung gedung teater, Jln. Cut Nyak Dien, No. 24 Bandar Lampung dan terbuka untuk umum serta para penonton tidak dikenakan biaya masuk teater, pelaksanaannya akan dibuka pada Pukul 19.30 Malam Sabtu (11/02).

Menurut Kabid Ekraf Dra. Djuwita Novrida MM, : “Peserta festival ini di ikuti dari 10 Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung”.Ya mas, dari setiap daerah akan menampilkan tari kreasi yang diiringi musik berbeda, dan ini nantinya yang akan menjadi nilai dari sebuah perlombaan," kata Dra. Djuwita Novrida MM di kantor Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jln. Jend. Sudirman No. 29 Bandar Lampung, Jumat (11/03) Pukul 11.30.

Diruang ini salah satu Kasi Ekraf Sukri Arfandi menjelaskan “festival ini adalah ajang untuk mempertahankan kreasi seni tari dan musik budaya lampung, peserta yang terbaik akan menjadi Perwakilan Provinsi Lampung guna mengikuti Festival Nasional di Jakarta.” terangnya

Kemudian dilanjutkan oleh Kasi Ekraf berbasis Media Desain dan IPTEK Mahdalena S.Sos, “bahwa festival ini perlu dipertahankan dan dikembangkan dengan kreasi-kreasi baru dari tarian musik lampung, dan perlu juga mengembangkan parawisata yang lainnya di daearah provinsi lampung.” terang Mahdalena.

Kasi Ekraf berbasis Kerjasama dan Fasilitas Marlina SH MM mengatakan “perlu adanya pengembangan pariwisata lainnya selain seni tari dan Musik budaya lampung, dimana banyak sekali tempat-tempat wisata yang belum diberikan fasilitas-fasilitas wisata terbaik, dan perlu juga ada pengembangan wisata kuliner lampung, seperti provinsi lainnya.” terangnya

Kabid Ekraf Dra. Djuwita Novrida MM, dibantu oleh Kasi Ekraf Sukri Arfandi, Mahdalena S.Sos dan Marlina SH, MM, menjelaskan “dalam peneyelenggaraan festival ini perlu adanya dukungan dari masyarakat lampung untuk dapat mengembangkan pariwisata lainnya di seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.” jelasnya

Panitia penyelenggara mengharapkan adanya kerjasama antara dinas pariwisata dan ekonomi kreatif serta stockholder yang ada di Provinsi Lampung agar tari budaya ini dapat meluas seluruh Indonesia dan terkenal sampai mancanegara yang didukung oleh masing-masing Pemerintah Daerahnya, agar tari kreasi budaya ini menjadi aset daerah.

Sumber : LN/EG