Jaringan Bom Panci Rencanakan Ledakan di Stadion GBLA

BANDUNG(LampungNetwork.com) --, Detasemen Khusus Antiteror 88 kembali menangkap seorang tersangka yang diduga jaringan perakit bom panci yang meledak di sebuah kontrakan kawasan Buah Batu, Bandung.

Kali ini polisi menangkap YC (Yongki Candra-red), tersangka yang turut merencanakan teror, di Kampung Sirnagalih, Desa Karyalaksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Senin, 17 Juli 2017. “Terduga YC ikut membantu merakit bom,” kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Barat, Komisaris Besar Yusri Yunus dalam pesan singkatnya, Selasa (18/7).

YC merupakan terduga teroris keenam dari sel baru Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Bandung. Sebelumnya, polisi sudah menangkap lima orang anggota jaringan tersebut dalam keadaan hidup-hidup. Perkembangan penangkapan para terduga ini berawal dari pengakuan AW, penyewa kontrakan kamar di Buah Batu, tempat terjadinya ledakan di Buah Batu, Bandung, 8 Juli 2017 lalu.

Berdasarkan pemeriksaan para tersangka, termasuk YC, polisi mendapatkan informasi baru seputar lokasi teror. Salah satunya adalah rencana meledakan bom panci di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). “YC dan AW mengadakan pertemuan, dalam pertemuan itu bahwa rencana amaliyah Agus yaitu di stadion sepakbola Persib di Gedebage,” kata Yusri.

Mereka juga sudah menyiapkan bahan bom untuk diledakan. AW, sambung Yusri, sudah menyiapkan bahan yang beratnya antara tiga sampai lima kilogram. Mereka juga sudah melakukan survei dan ujicoba di sebuah rumah makan di kawasan Astana Anyar, Bandung. Namun ujicoba itu gagal. “Bahan baku masih basah,” terang Yusri.

Polisi juga sudah menggeledah kediaman YC di Ibun, Kabupaten Bandung. Tempat itu menjadi lokasi penyimpanan rangkaian yang diduga bagian dari bahan rakitan bom panci. “Ada aki, rangkaian elektronik,” terang Yusri.

Para tersangka ini diketahui mempelajari dan sepakat mendukung ideologi ISIS dan JAD lewat internet. Pelajaran merakit bom juga mereka dapatkan lewat dunia maya. “YC sudah bersedia jadi pengantin meledakan bom panci di Stadion Gelora Bandung Lautan Api,” tambah Yusri.

 

Sumber : SP LampungNetwork.com/Rudhy.HR