Indonesia Harus Konsisten Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Jakarta -- Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, Indonesia harus konsisten memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Sebab, hal itu sesuai dengan UUD 1945 bahwa kemerdekaan itu adalah hak segala bangsa.

"Itu (kemerdekaan Palestina) akan terus diperjuangkan oleh Presiden, oleh pemerintah, oleh Negara Republik Indonesia," ujar Hasanuddin di kompleks parlemen Senayan Jakarta, Selasa (8/3).

Menurut Hasanuddin, situasi OKI khususnya para pemimpin negaranya itu kurang kondusif. Karena setiap negara itu memiliki problemnya masing-masing.

"Ada pertempuran, ada peperangan masing-masing di negaranya. Ada masalah ekonomi, sehingga konsentrasi untuk memperjuangkan Palestina merdeka itu menjadi berkurang," katanya.

Hal, kata politisi PDIP itu, bisa terlihat dari kehadiran di Konferensi Tingkat Tinggi OKI kemarin. Menurutnya, KTT itu kurang meriah.

"Kalau tidak salah, hanya beberapa negara saja dari 50 sekian negara OKI. Kepala negaranya mungkin tidak lebih dari lima orang yang hadir, bahkan Malaysia, kemudian Brunei pun setahu kami tidak mengirim kepala negaranya," katanya.

Terkait dengan kesimpulan, menurutnya, ada dua hal yang menarik. ā€ˇPresiden Indonesia menganjurkan untuk memboikot setiap produk dari Israel.

"Saya kira ini bentuk sebuah perlawanan, bentuk dari kekecewaan mengapa kemudian Israel terus melakukan menzolimi Palestina sepanjang masa. Saya kira ini patut kita dukung," katanya.

Sumber : Suara Pembaruan / Hotman Siregar/PCN